Mujahadah MTsN 3 Bantul: Guru, Pegawai, dan Siswa Bangun Karakter Islami di Madrasah

Kepala Madrasah, Tutik Husniati, S,Ag, M.Si memberikan sambutan dalam acara mujahadah

(MtsN 3 Bantul) – Atmosfir spiritual memenuhi langit MTsN 3 Bantul ketika guru, pegawai, dan siswa berkumpul di Mushola ”Roudlotut Tholibiin”, Mushola madrasah, untuk menjalankan mujahadah, pada Rabu (27/03/24). Kegiatan ini didahului dengan penampilan kultum dari dua siswa, Nadia Nailil Izza dan Nur Kholiq, siswa kelas VIII A.

Dengan penuh kekhusyukan, seusai menyimak kultum siswa, para peserta melafalkan serangkaian amaliyah kalimah thoyyibah di bawah bimbingan Ustaz Muhammad Jawis, guru bahasa Arab MTsN 3 Bantul. Di antara doa-doa yang dipanjatkan adalah doa untuk kemudahan dalam menuntut ilmu, keberkahan, dan kesuksesan dalam kehidupan setelah terlebih dahulu membaca surat AL Fatihah sebelas kali.

"Spiritualitas menjadi pondasi bagi pembangunan karakter dan kebersamaan dalam lingkungan madrasah," ujar Kepala Madrasah, Tutik Husniati, S,Ag., M.Si, dalam sambutannya. "Ikuti mujahadah dengan rasa khudhu' dan tawadhu', agar kita semua diberikan limpahan rahmat oleh Allah SWT. Semoga mujahadah ini tidak hanya menjadi ibadah rutin, tetapi juga menjadi ladang untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan keimanan kita," imbuhnya.

Kehadiran semua pihak, baik guru, pegawai, maupun siswa, merupakan bukti nyata keseriusan dalam menjalankan agama dan mendukung pembentukan karakter islami di madrasah. Setiap kalimat yang dilafalkan dalam mujahadah ini diharapkan menjadi bekal berharga dalam mendekatkan diri kepada Allah swt.

Kesatuan hati dan tekad kuat dalam menjalankan mujahadah hari ini menjadi cerminan semangat untuk terus memperjuangkan kebaikan dalam segala aspek kehidupan. Semoga langkah-langkah kecil ini membawa berkah bagi seluruh warga MTsN 3 Bantul serta menginspirasi kebaikan di tengah-tengah masyarakat. (nuc)

Share this Post