Menuju Madrasah Digital, MTsN 3 Bantul Laksanakan Ujian Dengan Aplikasi

Siswa kelas IX MTsN 3 Bantul kerjakan ujian madrasah dengan aplikasi

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Digitalisasi madrasah adalah suatu program yang dirancang oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka percepatan digitalisasi layanan yang dicanangkan sebagai salah satu dari tujuh prioritas program utama Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam rangka menuju madrasah digital ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan melanjutkan pembelajaran dengan aplikasi e learning walaupun sudah dilakukan tatap muka, jadi strategi pembelajaran yang dipakai dengan sistem blended.

Demikian dilakukan oleh MTsN 3 Bantul saat dilaksanakannya Ujian Madrasah bagi siswa kelas IX untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Pada Rabu (20/04/2022), para siswa tingkat akhir di madrasah hijau Giriloyo tersebut mengerjakan soal-soal dengan aplikasi dan dikerjakan menggunakan peralatan handphone di kelas masing-masing. Ujian yang berlangsung selama delapan hari tersebut secara keseluruhan telah disiapkan dengan media aplikasi pembelajaran.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari, S.Pd.Si. menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan penggunaan aplikasi sebelum kegiatan ujian dilaksanakan. “Untuk pelaksanaan ujian madrasah, kami bekerjasama dengan lembaga penyelenggara aplikasi yang nantinya akan digeneralisasikan oleh Kanwil untuk program digitalisasi madrasah,” tutur Kamad Sugeng. Sementara itu dalam hal teknis pelaksanaan serta perlengkapan yang harus disediakan dalam ujian ini dikoordinir oleh Waka Kurukulum MTsN 3 Bantul Puji Lestari, S.Pd. (ist)

Share this Post