Menangi Lomba Puisi, Siswa MTsN 3 Bantul Tunjukkan Prestasi Literasi

Bantul (MTsN 3 Bantul) – Prestasi literasi ditunjukkan oleh siswa-siswa dari berbagai jenis karya maupun lomba. Lomba atau kompetisi yang memerlukan keahlian di bidang literasi menjadi tolok ukur atau indikator penguasaan materi maupun praktik materi yang dipelajari. Salah satu jenis karya literasi adalah puisi, seseorang yang bisa membuat puisi maupun mengekspresikannya layak disebut sebagai penerus literasi. Bakat yang terpendam dalam mengekspresikan karya sastra tersebut akan muncul dalam sebuah lomba dan menemukan sang juaranya.

Demikian ditunjukkan oleh Diyah Bening Nur Hidayati siswa MTsN 3 Bantul yang berhasil memenangi lomba baca puisi dalam Mayoga Ramadhan Festival. Pada Rabu (20/04/2022) siswa kelas IX A tersebut di tengah-tengah kesibukannya menghadapi ujian madrasah, Diyah dinyatakan meraih juara III  kompetisi keahlian mengekspresikan puisi tingkat provinsi tersebut. Di bawah bimbingan guru Bahasa Indonesia MTsN 3 Bantul Kuni Fauziah, S.Pd. siswa yang memiliki talenta literasi tersebut berhasil menunjukkan prestasi madrasahnya.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari, S.Pd.Si. mengaku bangga dengan hasil yang diperoleh anak didik di madrasahnya tersebut. “Prestasi ini menunjukkan MTsN 3 Bantul mempunyai potensi literasi,” tutur Kamad Sugeng mengomentari perolehan piala dari Diyah Bening. Selanjutnya ia memberikan arahan kepada guru pembimbing untuk rajin menggali potensi siswa madrasah hijau Giriloyo itu dalam hal kompetisi literasi. Diyah tercatat pernah mengharumkan nama madrasah dalam lomba puisi beberapa waktu yang lalu. (ist)

Share this Post