Liput Makam Raja Imogiri, Risma Siswa MTsN 3 Bantul Jawara Lomba Guide Reporter

Risma menampilkan video reporternya tentang Makam Raja Imogiri

Bantul (MTsN 3 Bantul) - Makam raja Imogiri dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung sang penguasa kerajaan Mataram Islam. Pembangunan makam Imogiri dimulai 1607 dan rampung pada 1645. Makam ini memiliki nilai sejarah dan keunikan yang amat kental, mulai dari filosofi penamaan makam ini. Dilansir dari kratonjogja.id, Imogiri berasal dari kata hima dan giri. Hima berarti kabut dan giri berarti gunung. Sesuai dengan letak kompleks pemakaman yang ada di atas bukit ini, Imogiri dapat diartikan sebagai gunung yang diselimuti kabut.

Sesuai dengan mandat Sultan Agung Hanyakrakusuma pada 1632, ia memerintahkan pembangunan makam baru yang berlokasi di sebelah selatan Makam Giriloyo, tepatnya di Bukit Merak. Di atas bukit setinggi kurang lebih 100 meter tersebut dibangun kompleks permakaman yang kemudian pada awal pendirian diberi nama Pajimatan Imogiri. Pajimatan inilah yang menjadi daya tarik atau magnet pariwisata di Imogiri sampai sekarang.

Potensi destinasi wisata Imogiri tersebut menjadi bahan pembuatan video dalam Lomba Guide Reporter Wisata yang diselenggarakan oleh SMA 1 Imogiri dan diumumkan pada Kamis (31/3/2022). Video karya Risma Nisa Putri Prasetyo dinobatkan sebagai pemegang jawara alias juara I dalam lomba ini dan berhak mendapatkan hadiah dan piala. Keberhasilan Risma tentu saja disambut gembira oleh siswa madrasah hijau Giriloyo ini. “Alhamdulillah, dengan kerja keras dibawah bimbingan Pak Tanto dan Pak Aswan, saya meraih juara 1 dan membawa nama baik MTsN 3 Bantul,” tutur Risma penuh rasa syukur. (ist)

Share this Post