16 Siswa MTsN 3 Bantul Bersaing di Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) 2024

siswa dan guru bahasa arab MTsn 3 Bantul mengikuti penyisihan Kombanas 2024

(MTsN 3 Bantul)_ Sebanyak 16 siswa dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Bantul, Yogyakarta, melaju ke babak penyisihan Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) pada Rabu (20/03/24). Kompetisi ini bertempat di laboratorium komputer madrasah melalui tautan e-ujian.com. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Alef Education dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Indonesia ini menjadi ajang prestisius bagi pelajar dari seluruh penjuru Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bahasa Arab.

Para siswa yang berkompetisi berasal dari dari kelas 7 dan kelas 8, dengan dibimbing dan didampingi oleh guru bahasa Arab, Muhamad Nukman Hamid, S.S., M.Pd dan Syamsul Huda, S.Pd.I,. Mereka telah menjalani persiapan intensif dalam beberapa bulan terakhir, dengan fokus pada pemahaman mendalam akan tata bahasa, kosakata, metode pembelajaran bahasa arab serta pemahaman budaya Arab.

Muhamad Nukman Hamid, salah satu guru pembimbing dari MTsN 3 Bantul,yang juga turut mengasah kemapuaanya dalam kompetisi, mengungkapkan kebanggaannya terhadap motivasi berprestasi siswa-siswinya yang berkesempatan maju pada bakak penyisihan KOMBANAS.

"Mereka telah menunjukkan dedikasi dan semangat belajar yang tinggi dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi ini. Semoga mampu memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama madrasah hingga tingkat nasional," ujar Nukman dengan penuh optimisme.

Dukungan moral dan doa pun terus mengalir dari keluarga, guru, dan teman-teman mereka di Madrasah, tak terkecuali Kepala madrasah, Tutik Husniati, M.Si.

“Babak penyisihan KOMBANAS ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran yang berharga bagi peserta untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Arab mereka. Semoga kehadiran mereka dapat menjadi inspirasi bagi pelajar-pelajar lainnya untuk terus bersemangat dalam belajar bahasa Arab. Semoga lancar dan sukses,” terang Tutik. (nuc)

Share this Post