8 Cara Belajar Daring yang Bukan Hanya Sekedar Membaca dan Menonton

Belajar Daring

Sedang bingung menemani anak anak yang rewel dan tidak mau belajar saat menjalankan sekolah daring? Sebagai orang tua Anda harus menemukan cara dan contoh pembelajaran daring yang menyenangkan untuk buah hati.Belajar di rumah memang memiliki beberapa hambatan, baik untuk anak, guru dan orang tua yang menemani. Namun, tetap saja anak anak harus bisa belajar dengan efektif agar pembelajaran dapat diterima secara maksimal.

Sebagian besar anak anak merasa bosan jika harus mendengarkan pembelajaran secara online. Namun, mau tidak mau jutaan pelajar di dunia harus melakukan hal ini.Kerjasama dibutuhkan antara anak, guru dan orang tua demi menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Bagaimana materi pelajaran dapat disampaikan dengan baik seperti pembelajaran langsung pada umumnya.Sesungguhnya, pembelajaran daring bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Metode pembelajaran ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu dan bukan hanya sekedar “digitalisasi” proses belajar mengajar.

Apa Itu Belajar Daring?
Cara Belajar Daring Yang Bukan Hanya Sekedar Membaca Dan Menonton - Sekolah Prestasi Global

Pengertian belajar daring merupakan metode pembelajaran yang menggunakan model interaktif dengan memanfaatkan internet dan Learning Management System.Ternyata teori  dan penelitian dari pembelajaran jarak jauh ini sudah dibahas sebelumnya oleh para ahli dibidang pendidikan. Diantaranya ialah Prof George Siemens, yang merupakan guru besar di Athabasca University.

Dalam penelitiannya tersebut, ia mengusulkan teori connectivism yang merupakan sebuah teori alternatif baru. Dalam teorinya tersebut yang dibuat pada tahun 2005, dirinya mengatakan bahwa connectivism ini hadir sebagai respon terhadap kemajuan teknologi dan jaringan.Menurunnya, tiga teori tentang pembelajaran yang paling sering digunakan yakni behaviorisme, kognitivisme dan konstruktivisme belum maksimal. Hal ini dikarenakan teori tersebut dikembangkan saat teknologi belum berkembang pesat

Sementara Downes pada tahun 2012 mengatakan bahwa teori Connectivism menekankan bahwa pengetahuan didistribusikan melalui jaringan. Oleh karena itu, metode pembelajaran harus memiliki kemampuan untuk membangun serta melintasi jaringan tersebut.Pengembangan teori baru ini membuat para peserta didik dan harus semakin aktif. Para murid tidak boleh hanya bersikap pasif, melainkan memiliki bagian penting dan berperan sebagai kontributor ilmu pengetahuan.Konsep connectivism mengatakan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyedia dan pendistribusi ilmu pengetahuan saja. Peran guru lebih besar dari itu yakni sebagai Kurator, Administrator Jaringan, Master Artist hingga Kurator.

Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring
Seorang guru kini tidak hanya memberikan pengetahuan dengan cara konvensional yakni menjelaskan dan murid mendengarkan. Guru memiliki empat peran dalam teori Connectivism.Peran guru sebagai Master Artis dikaitkan seperti seorang pengajar seni, dalam pembelajaran peserta dan pendidik dapat melihat karya masing masing. Hal ini kemudian diaplikasikan dalam metode pembelajaran yang memanfaatkan jaringan.

Platform LMS diibaratkan sebagai studio pada pembelajaran seni, guru bisa menghampiri peserta didik untuk memberikan masukkan. Kemudian murid lain juga bisa mengetahui apa yang disampaikan oleh guru terhadap peserta didik lainnya.Sebagai kurator, guru memiliki peran untuk membantu mengumpulkan dan memilih sumber pembelajaran yang akan membantu murid. Berbagai sumber bisa dikumpulkan seperti gambar, foto, video hingga hasil karya pengetahuan guru itu sendiri.

Berkat adanya jaringan, guru bisa mengumpulkan berbagai sumber tersebut dalam satu file yang bisa diakses oleh murid. Sumber sumber tersebut akan berfungsi sebagai perpustakaan digital yang membantu proses belajar mengajar.Selanjutnya guru juga berperan sebagai “Administrator Jaringan” yang bertugas untuk mendesain bagaimana cara belajar yang efektif. Dengan teknologi yang berkembang, guru dituntut untuk memahami teknologi dan fitur yang ada pada LMS.

Selanjutnya guru tetap memiliki peran sebagai “Concierge” yang akan membantu jika peserta didik mengalami kesulitan. Jika terdapat hal hal yang ingin diketahui oleh murid dalam pembelajaran daring,Peran guru dalam pembelajaran daring sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar mengajar yang berbeda. Dengan perkembangan teknologi yang semakin menantang, baik guru dan murid harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan perubahan yang baik.

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring


Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh dimana guru dan murid tidak saling bertatap muka secara langsung. Pada umumnya, pembelajaran daring dilakukan di rumah masing masing. Jika murid masih berada di sekolah dasar, pembelajaran daring terasa cukup sulit dan akan ada masanya mereka bosan. Disinilah peran orangtua dibutuhkan untuk membantu dan menemani anak anak agar tetap bisa belajar dengan baik dan nyaman di rumah.Ibu dan ayah harus bekerjasama untuk memastikan pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif. Tugas orangtua ialah untuk memastikan bahwa anak anak bisa menyerap ilmu dengan baik.Berikut ialah peran orangtua ketika anak anak melakukan pembelajaran jarak jauh

Memastikan Anak Belajar Dengan Nyaman

Peran pertama orangtua ialah memastikan bahwa anak anak bisa belajar dengan nyaman dan aman di rumah. Siapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk belajar online khususnya ialah perangkat elektronik dan jaringan internet yang baik. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan tempat belajar khusus yang nyaman atau menyulap sudut kecil ruangan menjadi tempat belajar alternatif. Jika anak-anak masih berada kesulitan untuk mengakses media pembelajaran daring, maka orang tua dapat membantunya. Terlebih bagi murid TK maupun SD yang belum memahami teknologi dengan baik.
 

Sumber : https://www.prestasiglobal.id/

Share this Post